Sabtu, 05 Desember 2020

Tutorial melihat IP address komputer kita & komputer lain


 Pengertian IP Address

    IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Addres yang merupakan deretan angka biner 32 bit-128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi setiap komputer host dalam jaringan internet.

    Sekarang ini semua jaringan masih menggunakan IPv4 32 bit yang menampung 4.294.967.296 perangkat, tetapi dalam waktu dekat jumlah tersebut akan habis. Sehingga akan beralih ke IPv6 128 bit dimana semua perangkat gedget juga sudah mendukung teknologi ini. Dengan begitu akan ada gedget baru dengan jumlah 340.282.366.920.938.463.363.374.607.431.768.211.456. Jumlah sebanyak ini adalah pangkat 4 dari 4.294.967.296 dan sudah pasti tidak akan habis dalam waktu 100 tahun ke depan.

    Secara mendasar IP Address dibagi menjadi dua bagian yaitu IP publik yang digunakan untuk internet dan IP lokal yang digunakan untuk jaringan lokal.

Berikut beberapa cara mengetahui IP Address komputer kita dan alamat IP Address komputer orang lain. :

    

1. Melalui Command Prompt.

Tekan kombinasi tombol keyboard Win (tombol dengan logo Windows) + R secara serentak untuk membuka kotak dialog Run, ketikkan cmd atau cmd.exe di kotak teks berlabel Open (1) dan kemudian klik tombol OK (2) untuk menjalankan atau membuka Command Prompt.


Di jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan ipconfig dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui IP address komputer

Di bagian Wireless LAN adapter WiFi, di baris IPv4 Address, Anda dapat melihat alamat IP komputer yang sedang Anda gunakan (192.168.1.2).

Cara mengetahui IP address komputer

2. Melalui Network and Sharing Center.

Di area notifikasi (notification area) yang ada di sebelah kanan taksbar, klik tombol dengan ikon Network/WiFi (1) dan kemudian pilih Open Network and Sharing Centre (2).

Cara mengetahui IP address komputer

Di jendela Network and Sharing Centre yang muncul, klik WiFi yang ada di bagian View your active netwoks.

Cara mengetahui IP address komputer

Di kotak dialog WiFi Status yang muncul, klik tombol Details...

Cara mengetahui IP address komputer

Di kotak dialog Network Connection 

Details yang muncul. Anda dapat melihat kembali alamat IP komputer yang sama (192.168.1.2) di baris IPv4 Address.

Cara mengetahui IP address komputer


1. Mengetahui IP Address orang lain Dengan CMD

Cara yang pertama bisa kalian lakukan untuk mengetahui IP Address orang lain adalah dengan CMD, yaitu melalui Wifi dalam satu jaringan dengan yang kita gunakan. Bagaimana caranya? Simak dengan baik ulasan di bawah ini :

  • Langkah yang pertama Silahkan Hubungkan PC kalian ke Wifi dan buka CMD.
  • Selanjutnya silahkan kalian ketik perintah ini di CMD ARP -A seperti gambar di bawah ini. 
  • Langkah selanjutnya, setelah kalian tekan enter maka muncul lah tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Jika sudah, Maka munculah daftar IP Address yang terhubung dalam satu jaringan Wifi. Pada Interface adalah IP Address kita dan yang di Internet Address adalah IP Address yang terhubung dalam satu jaringan Wifi dengan kita.

2. Mengetahui IP Address Orang Lain Lewat Internet

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan IP Logger. Sistem kerjanya pun cukup mudah, yaitu dengan mengirim Link kepada orang lain lewat facebook atau lewat Whatsapp.

Secara tidak langsung orang yang akan klik yang mereka terima melalui facebook atau Whatsapp tersebut akan dapat kita ketahui IP Address-nya. Berikut adalah beberapa tahapannya :

  • Langkah pertama silahkan buka browser apapun yang biasa kalian gunakan di PC atau pun Laptop, lalu buka website https://iplogger.org/
  • Jika sudah, maka kalian harus memilih ‘URL & Image Shortener‘,kemudian silahkan kalian ketik nama alamat apapun yang nantinya alamat tersebut akan diberikan kepada orang lain yang akan diketahui IP Addressnya.
  • Sebagai contoh, penulis akan memasukkan Link Shopee di bawah ini agar tidak terlalu agar tidak terkesan sedang melacak.
  • Jika sudah, selanjutnya silahkan kalian pilih ‘Get IPLogger Code’ yang berada di bawah kolom berisi url yang kalian isi.
  • Selanjutnya kalian harus copy link tersebut dan silahkan kalian bagikan ke orang lain yang ingin diketahui alamat IP Addressnya melalui Facebook atau Whatsapp yang ingin kalian ketahui alamat IPnya.
  • Jika orang lain itu klik alamat yang ksudah kalian bagikan. Maka untuk tahu IP Address orang lain, kalian harus klik ‘Logged IP’s’ di website IPLogger tadi.
  • Selanjutnya, pastikan jangan menutup website IPLogger jika kalian belum selesai menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 A.      Sejarah Singkat Lahirnya Virus Komputer      Virus komputer generasi pertama, tergolong cukup jinak. contohnya virus “ CREEPER ” pa...